Orange Spinning Frozen Snowflake

Cari Blog Ini

Minggu, 29 Mei 2016

MEMBUAT MAIL MERGE

Apa sih mail merge itu?
Jadi gini lhoooo.......

Mail Merge merupakan salah satu fitur yang ada di microsoft yang membantu kita membuat banyak dokumen berdasarkan 1 template. Fungsinya yaitu sangat membantu pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan jumlah yang banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi dengan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu template untuk semua surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat.


Terus, gimana sih cara buatnya?
Caranya itu..............


  • Buat template surat yang akan dibuat surat masal.




  • Klik menu Mailings pada menu bar, selanjutnya pilih Start Mail Merge pada group Start Mail Merge. Kemudian pilih Step by Step Mail Merge Wizard. Lalu ikuti langkah-langkahnya dengan klik Next.



  • Pada Pop Up Menu pilih Type New List.
    Kemudian akan muncul jendela New Address List, klik Customize Columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda buat.



  • Hapus data yang ada pada Field Name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field. Kemudian isi database anda sesuai yang anda inginkan dan simpan.




  • Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi pada jendela New Address List. Kemudian anda akan dibawa pada folder dimana database anda akan disimpan. Kemudian beri nama data base anda dan simpan.
  • Selanjutnya pada lembar kerja ms word anda isi data mail merge nya dengan cara klik Insert Merge Field pada group Write & Insert Field. 

  • Setelah selesai maka hasilnya bisa dilihat dengan menu pada group Preview Result. Maka surat masal sudah jadi dan dapatdiprint atau dikirim dengan nama penerima yang berbeda-beda.



  • Demikianlah cara membuat mail merge semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat.

SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERHASIL HEHE......

1 komentar:

  1. Wynn Las Vegas to reopen casino | DRMCD
    Wynn Resorts 경주 출장안마 is set to reopen 제천 출장안마 its 경기도 출장마사지 doors to the 아산 출장안마 public on Thursday, Jan. 전라남도 출장샵 19, the company announced on its website. The reopening

    BalasHapus