Orange Spinning Frozen Snowflake

Cari Blog Ini

Minggu, 15 Mei 2016

Resensi Novel

RESENSI

IDENTITAS BUKU




Judul Buku :  8..9..10.. UDAH BELOM?!
Penulis : Laurentia Dermawan
Penerbit : PT Gramedia  Pustaka Utama
Ilustrasi dan desain cover  :  Fivi
Tahun Terbit :  2008
Cetakan : Cetakan pertama 2008
Tebal Halaman :  216 halaman ; 20c
Harga : Rp.43.000,-


A.     Sinopsis
Sewaktu masih kanak-kanak , Nesya dan Vino adalah teman sepermainan. Saat mereka bermain petak umpet dan nesya bersembunyi, saat vino hendak mencari nesya tiba-tiba bibi memanggil vino dari belakang dan mengajak vino pulang karena hari sudah semakin gelap. Vino harus pulang akan tetapi ia masih ragu karena dia telah berjanji kepada nesya bahwa dia akan mencari dan menemukan nesya, namun itu semua sia-sia karna bibi terus memaksa vino pulang dan vino pun meninggalkan nesya dan tidak muncul-muncul lagi.
Nesya melihat sosok vino yang kebingungan dan tak berdaya. Vino makin menjauh dari taman,sampai akhirnya menghilang di belokan jalan. Hari semakin gelap, nyamuk pun mulai menyerang tubuh nesya. Nesya makin panik , tanpa sadar nesya menangis. Sendirian dan ketakutan , nesya terus bersembunyi dan menunggu vino. Sampai akhirnya ia ditemukan seorang anak lelaki yang kalau dilihat  dari umurnya anak ini paling baru kelas 2. Dia adalah mike.
Akhirnya nesya pun dekat dengan mike dan mulai melupakan vino, karena nesya menganggap vino telah jahat dan meninggalkannya.  Nesya dan mike pun berpacaran hingga 10tahun lamanya. Suatu ketika vino dan nesya bertemu kembali, vino tetap ingat pada nesya tapi nesya tidak mengenali vino.
Sejak 2 bulan sebelumnya nesya mengalami kecelakaan bersama mike kekasihnya yang menyebabkan dia mengalami amnesia yang lumayan membuatnya melupakan sebagian cerita di hidupnya. Yang hanya di ingat nesya hanyalah mama,papa, dan kiara. Sedangkan mike mengalami kematian saat kecelakaan tersebut.
Vino jatuh cinta kepada nesya dan ingin membantu nesya mengingat masa lalunya. Tapi setelah ia tau bahwa nesya pacar almarhum mike yang bukan lain adalah sahabatnya sendiri  sekaligus kapten basket yang vino kagumi dulu, vino malah ingin menutupinya, vino hanya ingin nesya hanya mencintainya, tanpa mengingat kenangan akan mike.
Tapi seiring berjalannya waktu kenangan akan mike kembali di ingatan nesya. Nesya pun mulai mengingat kenangan bersama mike. Kemudian ia mulai menjauhi vino dan sahabatnya karena ia pikir mereka semua ingin menghapus kenangan manis saat ia bersama dengan mike. Beberapa bulan bulan nesya merasa terpuruk dan begitu sedih setelah ia tau peristiwa yang dialami mike.
Sebelum vino bertemu mike dengan nesya, ia lebih mengenal sosok mike karena mike adalah kapten basket di sekolah vino, ia berdua cukup akrab sebagai senior dan junior. Sebenarnya mike sudah mengetahui bahwa vino adalah teman kecil yang yang selama ini dicari oleh nesya, tetapi ia tidak mau mempertemukan mereka secepat itu karena takut nesya akan lebih memilih vino.
Mike berjanji akan memperkenalkan pacarnya pada vino pada hari ketika nesya berulang tahun dan mike berpesan pada vino untuk menjaga kekasihnya itu. Tepat hari ulang tahun nesya mereka berdua mengalami kecelakaan dan mike belum sempat memperkenalkan nesya pada vino.
Setelah mike pergi vino berjanji akan menjaga nesya sebagaimana dulu saat vino tak ada, mike selalu ada disamping nesya dan menjaga nesya. Akhirnya nesya mulai bangkit dan kembali dekat dengan vino, nesya sadar bahwa selama ini ia tidak pernah bisa melupakan vino.
Akhirnya vino memberanikan diri agar dapat menjadi pacar nesya, kemudian nesya sempat bingung ia takut akan mengecewakan mike nantinya, tetapi setelah itu mereka berdua datang ke tempat pemakaman mike dan mereka berdua meminta ijin kepada mike dan nesya yakin bahwa mike akan senang dan tenang jika vino ada di sampingnya, untuk menjaga nesya kembali.
Novel Laurentia Dermawan yang bernama 8..9..10.. udah belom?! Adalah novel kedua laurentia, setelah novel pertama nya yaitu The Strange Girls.  Novel ini dapat dikategorikan sebagai bacaan popular dikalangan remaja.  Alur ceritanya maju-mundur.  Nesya bertemu mike, mike meninggal karna kecelakaan dan nesya amnesia. Nesya bertemu vino, mereka saling mencinta. Nesya pulih dan mulai mengingat memory nya kembali. Nesya,kiara, vino bertengkar. Mereka bertiga berbaikan dan hidup bahagia.
Alur yang sederhana ini ternyata cukup menarik dalam bentuk novel yang diolahnya.  Dalam hal ini novel “8..9..10..Udah Belom?!” berhasil memberikan sesuatu yang patut untuk dipikirkan para pembacanya, disamping ia sendiri memberikan nikmat cerita pada kita. Saya pikir disinilah letak kelebihan itu.
Tanpa banyak membuang tutur Laurentia Dermawan menuliskan adegan demi adegan ceritanya. Cirri yang menonjol ialah seringkali menyisihkan gambaran kehidupan anak muda yang penuh dengan gurauan,humor,dan masalah asmara.
Suatu setting kehidupan yang akhir-akhir ini banyak digarap para novelis muda. Banyak yang menawarkan romantis dan sejumlah konflik cinta asmara. Teknik ceritanya juga menarik perhatian. Laurentia dalam novelnya ini menggunakan flashback. Novel itu sendiri sebenarnya adalah “penceritaan kembali” secara naratif oleh orang luar dengan sekali-kali kembali pada tokoh nesya dan vino yang menyuarakan monolognya pada kita.
Disamping itu novel ini juga memiliki kelemahan, yaitu kurang sedikit menarik tampilan covernya,terkadang bahasanya juga menggunakan bahasa yang kurang  baik.


B.      Kelebihan dan Kekurangan

Novel karya Laurentia Dermawan ini nggak terlalu tebal, dan nggak terlalu ribet tata bahasa yang penulis bawakan. Novel ini dengan gaya bahasa anak muda , pembawaannya santai, tapi cukup mengharukan.  Sinopsis novel ini pun sudah lumayan mencakup separuh cerita. 
Novel ini berisi hal-hal yang mungkin bisa menjadi pelajaran hidup seseorang. Tentang waktu dan kenangan, tentang bertahan dalam suatu hal yang sulit, tentang diri kita yang selamanya akan menjadi diri kita sendiri –bukan orang lain , tentang takdir. 
Selain itu, judul novel ini membuat orang penasaran dan ingin sekali membacanya. Covernya juga menarik. Cerita dalam novel ini juga merupakan kisah percintaan yang sangat digemari anak muda jaman sekarang.
Tetapi, dalam novel ini ceritanya klasik. Juga kurangnya pengembangan cerita. Tokoh yang dihadirkan juga hanya itu itu saja. Jadi agak membosankan dengan tokoh yang ada dalam novel ini.


C.       Kesimpulan        

Sebenarnya, buku ini sangat baik untuk dibaca, karena ceritanya sangat menarik. Pesan dari cerita ini sangat bermanfaat, untuk kehidupan sehari-hari, seperti persahabatan, kasih sayang, saling peduli, dan arti sebuah kejujuran. Tak akan rugi jika membeli buku ini, karena mengajarkan kepada kebaikan.


D.     Kepengarangan


Laurentia Dermawan lahir pada tanggal 24 Maret 1989. Ia adalah mahasiswi di Binus. Ia juga menyukai komik Jepang. “8.. 9.. 10.. Udah Belom ?!” adalah novel kedua Laurentia Dermawan setelah “The Strange Girl”. Novel yang bertajuk kisah percintaan dan persahabatan bersampul seorang anak yang sedang bermain petak umpet tersebut menampilkan sosok Nesya. Nesya adalah seorang anak yang polos dan baik.

0 komentar:

Posting Komentar