Orange Spinning Frozen Snowflake

Cari Blog Ini

Minggu, 15 Mei 2016

Membuat Grafik Pada Microsoft Excel


Berikut ini saya sajikan bagaimana cara membuat grafik dengan menggunakan Microsoft Excel, merubah data menjadi sebuah grafik, memilih model grafik, seperti grafik batang, grafik lingkaran, dan pilihan bentuk grafik lainnya dalam Microsoft Excel.

  • Langkah pertama adalah membuka program Microsoft Excel dengan cara klik Start - pilih All Program - Pilih Microsoft Office - Pilih Microsoft Excel. 

  • Siapkan data yang akan dibuat grafik.

  • Setelah membuat data, langkah selanjutnya adalah memblok seluruh data.

  • Kemudian klik Tab Insert  sehingga akan terlihat  group bar yang ada,  fokus pada grup Chart  dan pilih bentuk grafik sesuai dengan yang dikehendaki, seperti chart bar dan pilih salah satu bentuk yang kita inginkan.


  • Contoh hasil grafiknya dengan diubah backgroundnya.


  •  Jika kita ingin memberikan nama pada grafik, maka dapat dilakukan dengan cara mengklik grafik sehingga muncul grup chart tool diujung  menu bar. Didalam menu itu terdapat Tab Layout di klik - klik  Chart  title yang ada di grup label.  Pilih dimana judul akan diletakkan diatas grafik atau  ditengah atas grafik.



  • Contoh grafik yang sudah diberi nama.


  • Jika kita ingin mengganti axis  baik yang horizontal ataupun vertikal caranya adalah klik kanan pada Horizontal (value) axis ataupun  Vertikal (value) axis, sesuai dnegan mana yang akan diubah, akan muncul pop up  dan klik format axis. 

    Minimun digunakan untuk dari nomor berapa horizontal/vertikal axis akan dimulai. Maximum digunakan untuk mengetahui nomor paling maximum yang  ada di horizontal/vertikal axis. Untuk mengatur interval antar nomor diatur dengan menggunakan major unit.  
    Supaya tampilan grafik menjadi lebih menarik, gridline yang ada dapat diatur atau bahkan dapat dihilangkan dengan cara  klik layout pada chart tools - gridlines - primary horizontal gridlines - major and minor gridline. Pengaturan ini juga berlaku untuk primary vertikal gridline. 

    Contoh grafik yang telah jadi dapat diunduh disini
      
     Bagaimana? Mudah kan membuat grafiknya? Selamat mencoba :)

0 komentar:

Posting Komentar